Disability


Dua tahun lamanya saya tidak menulis kembali akhirnya saya kembali dengan sebuah cerita namun bukan cerita fiksi berita ini saya dapatkan dari pengalaman saya saat mengikuti seminar.
Tulisan ini akan menceritakan tentang disabilitas, suatu gangguan atau kelainan pada seseorang yang membuat dia sulit untuk melakukan aktivitas seperti kebanyakan orang. Banyak dari kita yang merasa sulit dalam menjalani kehidupan walaupun kita mempunyai bagian tubuh yang lengkap, sedangkan di luar sana masih banyak yang membutuhkan perhatian lebih atau belas kasih dari orang-orang di sekitarnya. Bukan karena malas tapi karena ketidakmampuan dirinya untuk melakukan aktivitas normal seperti orang biasa. Terkadang kita melihat seseorang yang tidak dapat berjalan menggunakan kakinya tetapi menggunakan bantuan kursi dan sebuah roda yang digerakkan dengan tangannya. Ada juga orang yang menggunakan bantuan tongkat untuk berjalan disertai dengan kacamata hitamnya yang bukan digunakan sebagai aksesoris pribadi, namun untuk memberitahu kepada orang-orang sekitarnya bahwa dirinya tidak memiliki mata yang sempurna. Orang-orang ini memiliki mental yang kuat, yang membuat mereka bertahan dari hinaan, cemooh, dan ajakan yang dilontarkan oleh orang-orang di sekitarnya. 
Terdapat dua jenis orang yang memiliki kekurangan. yang pertama adalah seseorang yang dilahirkan dengan cacat pada tubuhnya. Kecacatan tersebut menempel padanya sejak ia ada di dalam dunia ini. Sedangkan yang kedua adalah orang yang lahir secara normal dan mendapatkan kecacatan dalam perjalanan hidupnya. Tipe kedua memiliki perjalanan hidup susah setelah kecacatannya dimulai, berbeda dengan mereka yang sudah "terlatih cacat" secara lahir.
Sebagai pribadi yang memiliki anggota tubuh yang lengkap dan mental yang sehat kita patut bersyukur atas apa yang kita miliki. Selain itu kita harus membantu saudara-saudara kita yang membutuhkan bantuan.

Next
This is the most recent post.
Previous
Older Post

1 comments:

 
Top